Rabu, 26 Januari 2011

FPAN Dukung Rumah Pengaduan Kebohongan Publik

 Fraksi Partai Amanat Nasional mendukung Rumah Pengaduan Kebohongan Publik yang dibentuk sejumlah tokoh lintas agama pekan lalu. Menurut PAN, hal itu membantu kerja lembaga legislatif.

"Fraksi PAN setuju dengan alasan, satu, proses pengawasan kepada pemerintah tidak hanya dilakukan DPR namun juga kelompok masyarakat. Dan ini akan membantu fungsi Dewan sebab DPR akan mendapatkan energi baru dari masyarakat dalam mengontrol jalannya lembaga eksekutif," kata Wakil Ketua Fraksi PAN Viva Yoga Mauladi dalam siaran pers, Rabu, 26 Januari 2011.

Kedua, kata Viva yang juga Ketua Badan Pemenangan Pemilu PAN itu, Rumah Pengaduan Kebohongan akan berdampak positif karena akan menciptakan check and balance dalam berdemokrasi sehingga menyehatkan proses bernegara. Seterusnya, akan dapat meningkatkan kapasitas kelembagaan pemerintahan dalam menjalankan program-programnya.

Viva melihat keberadaan Rumah Pengaduan Kehobongan adalah bukti kebangkitan masyarakat madani di Indonesia. Namun, meski begitu, dia mengharapkan para tokoh agama itu hendaknya tetap mempertahankan ini sebagai gerakan moral, jangan menjadi gerakan politik atau partisan terhadap kelompok politik tertentu.

"Tokoh agama adalah penjaga moral bangsa, jadi harus steril dari kepentingan politik, apalagi agenda politik dalam permainan memperebutkan kekuasaan," kata Viva.

Rumah Pengaduan Kebohongan Publik didirikan Badan Pekerja Gerakan Tokoh Lintas Agama mulai Rabu, 19 Januari lalu.  Rumah Pengaduan akan dibuka di masing-masing sekretariat organisasi-organisasi sipil yang tergabung dalam Badan Pekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar