Selasa, 07 Desember 2010

unik na angka 9

Berdasarkan ilmu matematika yang saya ketahui (saya bukan ahli matematika), bilangan cacah dimulai dari angka 0 - 9. Sedangkan bilangan asli dimulai dari angka 1 dan seterusnya. Yang saya ketahui dari angka-angka tersebut, angka terbesar adalah sembilan (9). Sedangkan angka 10 adalah pengulangan angka-angka dari sebelum angka sembilan. Saya gak akan membahas angka-angka tersebut satu persatu.

Angka sembilan menurut saya mempunyai keistimewaan dan keunikan tersendiri daripada angka lainnya. Dan kemungkinan sebagian dari kita banyak yang senang dengan angka sembilan. Kenapa ? Karena angka sembilan ini adalah angka terbesar. Angka sembilan adalah angka ‘Kiyu’, dan masih banyak lagi istilah atau pendapat mengenai angka sembilan ini.

Berawal dari seringnya mengamati plat nomor kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang ada dijalan raya (iseng banget nih orang… :D). Setiap ada kendaraan yang melintas, pasti mata saya tertuju pada plat kendaraan yang sedang melintas dan langsung menjumlahkannya. Apakah jumlahnya sembilan atau tidak. Contoh : plat B 3672 NVY. Kalo kita jumlahkan 3+6 = 9, 7+2 = 9, 9 + 9 = 18, 18 kita pecah lagi menjadi 1+8 = 9. Ternyata jumlahnya sembilan. Begitu seterusnya setiap kali ada kendaraan yang melintas sampai akhirnya saya menemukan keunikan dari angka sembilan tersebut.

Dari seringnya mengamati, akhirnya saya mencoba mengutak atik angka sembilan itu sendiri. Mulai dari dua digit sampai 10 digit. Misalnya dari yang 2 digit : 9 + 9 = 18, 1 + 8 = 9. Sampai 10 digit : 9 + 9 + 9 + 9 + 9 + 9 + 9 + 9 + 9 + 9 atau 9 x 10 = 90 jika dijumlahkan hasilnya adalah bilangan itu sendiri yaitu angka sembilan. Percobaan inipun saya lakukan sampai digit tak terhingga dari angka tersebut (angka 9) dengan memakai mesin hitung (kalkulator).

Jadi kesimpulannya adalah berapapun digit angka sembilan jika di kali atau dijumlah dengan berapapun digit angka sembilan juga hasilnya adalah angka sembilan. Tidak untuk proses pembagian.


Angka sembilan,

Mungkin angka sembilan untuk banyak orang adalah angka yang paling memiliki aurora keberuntungan yang terbesar. Angka ini yang dipercaya akan selalau membawa keberuntungan bagi para pemiliknya. Untuk bangsa Cina, angka sembilan ini disebut pembawa hokki karena logikanya menurut mereka, angka tersebut merupakan angka terbesar sebelum Nol sebagai angka yang nihil. Sama seperti angka tiga belas, angka sembilan pun dapat berada pada berbagai macam benda yang dipercaya akan membawa keberuntungan bagi pemiliknya.


Pemilihan identitas bisnis dengan memanfaatkan feng shui

Pada kesempatan kali ini akan disampaikan Tips Fengshui untuk penentuan ukuran berbagai jenis media promosi, logo, papan reklame, papan nama perusahaan, dan lain sebagainya.Keseimbangan adalah kunci dari segala keberhasilan, maka janganlah lupa untuk menyertakan yin dan yang dalam aspek visual usaha Anda

Ukuran untuk berbagai media yang akan Anda gunakan sebaiknya mengandung unsur yin dan yang, khususnya dalam ukuran. Lengkapi satu sisi ukuran genap dengan sisi ganjil untuk sisi lainnya. Jadi misalnya, apabila ukuran panjang adalah genap, maka lengkapi ukuran lebar dengan satuan ganjil untuk memenuhi unsur keseimbangan.

Mengaplikasikan kombinasi warna, bentuk dan variasi yang telah disampaikan sebelumnya, maka untuk logo usaha ataupun toko Anda, gunakan variasi bentuk dasar segitiga untuk mencapai pertumbuhan yang maksimal, tambahkan lingkaran untuk mendapatkan pengaruh positif dalam komunikasi, dan tambahkan warna keberuntungan seperti merah, kuning/emas dan hitam.

Perhatikan juga landasan dari sebuah logo, sebaiknya tambahkan bentuk yang bersifat datar untuk mengokohkan kinerja, dalam hal ini bentuk persegi panjang atau kubus dapat dimanfaatkan. Untuk aspek lainnya, sesuaikan dengan bidang usaha yang Anda jalankan, untuk rumah makan dapat menggunakan lebih banyak warna merah, untuk bidang jasa dapat menggunakan warna-warna coklat atau biru, untuk produk yang berhubungan dengan hasil alam dapat digunakan warna hijau atau coklat, untuk usaha permesinan/bengkel gunakan warna abu-abu atau silver. Namun memang pilihan warna tersebut merupakan preferensi umum, dan untuk aplikasi lebih detail Anda perlu mengetahui unsur diri, dan unsur dari usaha Anda agar dapat dipilih warna-warna yang lebih spesifik agar kombinasi yang digunakan lebih optimal

Jumlah suku kata juga sebaiknya mengikuti kaidah yin dan yang, terutama apabila nama usaha Anda terdiri dari 2 suku kata, maka upayakan satu kata berjumlah ganjil dan kata lainnya berjumlah genap agar saling melengkapi dan memenuhi unsur keseimbangan. Bila Anda meneliti simbol dari perusahaan yang berkembang pesat, maka Anda akan seringkali menemukan kesesuaian dengan tips tersebut.

Simbolisasi unsur dan bentuk bagi keberuntungan

Bangsa Asia sejak beribu tahun lamanya terkenal dengan pemanfaatan pola-pola simbolisasi yang melambangkan berbagai bentuk dan unsur guna mencapai keselarasan yang mampu mengundang kemakmuran dan kesuksesan, dibuktikan dengan banyaknya peninggalan bersejarah dalam bentuk vas, berbagai bentuk patung, kaligrafi, dan benda arkeolog lainnya, yang hingga kini masih berkembang menjadi benda seni sekaligus metode yang unik untuk meningkatkan keberuntungan.

Seperti apa aplikasi riil dan penjelasannya? Keefektifan pemanfaatan metode ini (bentuk, unsur dan warna) terbukti dengan demikian pesatnya perkembangan negara Cina, yang saat ini tengah berebut puncak posisi pucuk pimpinan perekonomian dunia. Perkembangan negara yang satu ini tampaknya tidak lepas dari pemanfaatan berbagai atribut unsur visual dan bentuk seperti pemilihan warna dominan merah, penempatan lukisan dengan visual yang tepat untuk berbagai kebutuhan (sebagai contoh, coba perhatikan setiap presiden atau pejabat tinggi negara Cina menerima kunjungan dari negara lain, mereka kerap bertemu di hall yang memajang lukisan dengan tema pegunungan atau perbukitan dengan ukuran super big size mencapai ukuran lebar hingga 10 meter!

Ternyata lukisan tersebut melulu bukan ditujukan untuk keindahan semata, melainkan berguna sebagai simbolisasi kekuatan dukungan dan kekuatan bertahan, sehingga tuan rumah mendapat posisi yang kuat saat bernegosiasi dengan tamu negara lain tersebut). Pemilihan berbagai atribut dengan warna merah(termasuk warna dominan benderanya) ditujukan untuk menarik keberuntungan dan juga keuntungan dalam berdagang, terbukti dengan perdagangan produk ekspor Cina yang meraja di berbagai belahan dunia.


Selain pemanfaatan warna dan tema visual seperti lukisan, bentuk simbolisasi yang seringkali tertuang berupa patung atau figurine pun hingga kini masih dimanfaatkan, dengan cakupan fungsi dan aplikasinya yang kian meluas, sebagai contoh, dapat kita lihat bahkan di dalam negeri, banyak bangunan yang memajang bentuk patung singa mengapit pintu utama, yang diharapkan berfungsi sebagai penjaga, dan hal ini telah diterapkan beribu tahun lamanya sejak jaman kekaisaran Cina kuno. Setiap bentuk dan elemen memiliki fungsi dan perwakilan simbol masing-masing, sebagai contoh, segerombol figurine kuda dianggap sebagai simbolisasi energi besar pembawa berkah dan keberuntungan, sepasang bebek mandarin dapat menjadi simbolisasi cinta yang setia dan abadi (karena bebek dan angsa menurut catatan hanya setia pada satu pasangannya saja hingga mati), dll.

Apakah Anda dapat memanfaatkan keefektifan simbolisasi ini? Tentu bisa, saat ini telah banyak produsen produk-produk sejenis, yang selain digunakan untuk mengundang keberuntungan, juga tak kalah berfungsi sebagai fungsi dekoratif dan pemanis rumah. Sebagai contoh, figurine ikan Arowana dengan tekstur emas, dapat ditempatkan di meja kerja Anda guna menarik energi keberuntungan dan kekayaan, selain juga mempercantik tatanan meja kerja Anda. Tak dinyana, bagaikan hewan laron yang terpikat dengan terangnya lampu bohlam, pada umumnya manusia pun mudah takjub pada warna emas mengkilap, karena warna ini merupakan simbol kekayaan dan kemewahan, karenanya tidak ada salahnya bila Anda mencoba menggunakan dekorasi ruang kerja, kantor dan rumah dengan berbagai bentuk yang menarik dan bermakna. Terlebih lagi bagi mereka yang menyukai barang antik dari abad lampau, yang mana beresiko masih mengandung getaran energi negatif pemilik sebelumnya yang sudah tak lagi eksis, maka akan lebih baik bila mereka mengganti hobi tersebut atau minimal mengimbanginya dengan koleksi barang-barang dekorasi yang lebih efektif untuk mengundang keberuntungan.

Pemanfaatan simbolisasi dalam feng shui

Sebagaimana diketahui, pemanfaatan simbol-simbol berupa bentuk, ornamen, dekorasi, figurine dan lain sebagainya dapat dikatakan menjadi salah satu hal yang utama pada aliran fengshui modern, dan sayangnya hal ini menjadi sesuatu yang ditentang keras oleh aliran fengshui klasik, dengan alasan bahwa produk simbolisasi tersebut hanya menguras kantong dari konsumen belaka, karena memang cukup banyak produk simbolisasi ini dibandrol dengan harga yang tidak murah. Berkaitan dengan hal ini, sudah pasti konsumenlah yang menjadi korban kebingungan, apakah akan mengacu pada aliran modern dengan berbagai simbolisasinya, ataukah menolak untuk percaya sesuai dengan prinsip penganut aliran klasik. Jawabannya sederhana dan mudah, dapatkan produk yang dapat memberikan rasa tenang, kepuasan dan optimisme positif saat memilikinya, dengan tentunya budget yang tidak memberatkan kantong Anda, ada banyak produk simbolisasi yang mampu memberikan perasaan yang baik, dan juga sugesti agar seseorang merasa makmur dan beruntung, selain itu pula, perlu diperhatikan dari bahan apa sebuah produk diproduksi, produk figurine yang terbuat dari besi, kuningan dan materi logam lainnya tentu saja memiliki fungsi feng shui khusus yang akan berinteraksi dengan unsur lainnya di dalam rumah (berbeda dengan produk yang hanya terbuat dari resin atau cetakan plastik), sehingga pastikan Anda mengetahui apakah Anda memerlukan hadirnya tambahan unsur tertentu di dalam ruangan, atau sebuah produk hanya berfungsi sebagai alat dekoratif semata, tanpa pengaruh unsur tertentu yang menyertainya. Akhir kata, tidak ada yang benar ataupun salah, segala sesuatunya berhubungan dengan selera, daya beli, logika dan pengalaman pribadi.

Pasangan dengan beda usia 3,6 dan 9 tahun

Bagi Anda yang tengah merencanakan pernikahan ataupun baru saja membina kehidupan berumah tangga, kemungkinan pernah membaca dari berbagai milis ataupun forum situs -situs pernikahan mengenai pertanyaan mengenai pasangan dengan beda usia 3 tahun, 6 tahun dan juga 9 tahun yang dianggap memiliki resiko perselisihan, perbedaan pendapat dan ketidakharmonisan. Apakah hal ini benar adanya? Dan apa yang menjadi penjelasan dan melatarbelakangi hal ini?

Sebagai penjelasan, mari kita gunakan konsep urutan shio sebagai dasar jawaban, dan untuk membantu ilustrasi dan perhitungan selisih tahun, silakan simak urutan shio sebagai berikut di bawah ini:
1. Shio Tikus
2. Shio Kerbau
3. Shio Macan
4. Shio Kelinci
5. Shio Naga
6. Shio Ular
7. Shio Kuda
8. Shio Kambing
9. Shio Monyet
10. Shio Ayam
11. Shio Anjing
12. Shio Babi

Bila kita lihat, beda 3 tahun bagi shio tikus, berarti akan menemukan ketidakharmonisannya dengan shio kelinci, sedangkan untuk beda 6 tahun, akan menemukan kekurangsesuaiannya dengan shio kuda, dan untuk 9 tahun bertemu dengan shio ayam, yang juga kurang baik. Sehingga demikian pertanyaan yang selama ini beredar dan mungkin menjadi sebuah kebingungan diantara para pasangan, terjawab sudah, perbedaan tahun yang dimaksud tersebut merupakan ciri dari konfliknya antar shio, sebagaimana telah diketahui sebelumnya.

Sehingga memang bagi Anda yang masih dalam proses memilih-milih calon teman hidup untuk memperhatikan hal yang tampaknya sepele dan bagaikan mitos ini. Bagi Anda yang telah terlanjutrmendapatkan pasangan hidup dengan beda usia 3,6 atau 9 tahun, jangan sampai issue ini menjadi alasan dan pembenaran lebih lanjut atas adanya ketidakharmonisan dalam kehidupan berkeluarga, sebaliknya jadikanlah kondisi tersebut sebagai tantangan untuk membuat perkawinan Anda bahagia dan langgeng adanya. Perbedaan usia tersebut bukanlah satu-satunya hal utama yang menentukan kesesuaian dengan pasangan, masih banyak hal lain lagi yang perlu diketahui dengan bobot dan proporsinya masing-masing, sebagaimana juga kualitas hidup berkeluarga yang terus berkembang dari waktu ke waktu untuk saling memahami dan mentolerir satu sama lain. Semoga bermanfaat dan salam sejahtera.