Minggu, 19 Desember 2010

Pemasaran (MARKETING) adalah


Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.

Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni
  • Product (produk)
  • Price (harga)
  • Place (tempat, termasuk juga distribusi)
  • Promotion (promosi)
Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses). Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow.[1]
Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.

Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.”[2]Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat. Pemasaran Menurut W.Y.Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.[3] Berdasarkan definisi di atas, proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu :
  1. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
  2. Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
  3. Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
  1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
  2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran : Dari sudut pandang penjual :
  1. Tempat yang strategis (place),
  2. Produk yang bermutu (product),
  3. Harga yang kompetitif (price), dan
  4. Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
  1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
  2. Biaya konsumen (cost to the customer),
  3. Kenyamanan (convenience), dan
  4. Komunikasi (comunication).
Dari apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan. Pemasaran yang berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik dengan berbagai departemen (tidak hanya di bagian pemasaran saja), sehingga dapat menciptakan sinergi di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.

-wiki-


Pengamanan di Stadion GBK Mulai Diperketat

Jakarta - Laga semifinal kedua antara kesebelasan Indonesia melawan Filipina akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta pada pukul 19.00 WIB nanti. Meski pertandingan baru akan dimulai sekitar 7 jam lagi, pengamanan di sekitar GBK sudah mulai diperketat.

Pantauan detikcom, Minggu (19/12/2010) pukul 12.00 WIB, 4 panser telah tiba di stadion GBK. Kedatangan panser ini sempat mendapatkan cibiran suporter.

"Kita ini mau nonton bola, bukan mau perang," kata suporter itu sambil berlalu.

Puluhan Paspampres juga telah tiba di GBK. Mereka tampak mengelilingi Stadion GBK untuk melakukan sterilisasi karena memang rencananya Presiden SBY nanti malam akan menyaksikan pertandingan ini secara langsung di GBK.

Tampak juga beberapa anjing pelacak yang mondar-mandir di sekitar GBK.

Sementara itu, menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Baharudin Ja'far mengatakan, sekitar 3.000 personel Kepolisian akan dikerahkan dalam laga semifinal ini. Dari jumlah tersebut 900 di antaranya bertugas di luar stadion. Sementara sisanya, 2.100 personel disiagakan di dalam stadion.

"Kita juga menyiagakan dari Polres Barat dan Pusat," kata Baharudin.

Sementara untuk pengalihan lalu lintas di sekitar Senayan, menurut Baharudin tidak dilakukan mengingat hari ini adalah hari libur.

Menanggapi peringatan FIFA soal larangan penonton menyalakan petasan, menurut Baharudin, Kapolda Metro Jaya sudah meminta kepada para Kapolres Jakarta Barat, Pusat dan Selatan untuk mensterilisasi setiap suporter yang kemungkinan membawa kembang api.

ICW akan Uji Materi UU KPK Soal Masa Jabatan KPK

Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) akan mengajukan uji materi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pasal yang akan diujikan yaitu pasal 33 dan 34 tentang masa jabatan komisioner KPK.

"Dari aspek hukum, dari pasal 33 dan 34 UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, masa jabatan tidak terikat dengan PAW. Sepertinya DPR mencari-cari alasan untuk mengurangi masa jabatan," kata Wakil Koordinator ICW Emerson Yuntho saat jumpa pers di Kantor YLBHI, Jl Diponegoro, Jakarta, Minggu (19/12/2010).

"Ini yang kita lihat sebagai pelemahan KPK," imbuh pria lulusan Fakultas Hukum UGM tersebut.

Emerson mengatakan, berbagai upaya pelemahan KPK dan tindak pidana korupsi yang selama ini diduga dilakukan oleh DPR telah menginspirasi ICW dan YLBHI untuk mengajukan judicial review. Dia berharap, MK mengabulkan permohonan judicial review yang rencananya akan didaftarkan ke MK pada Senin (20/12/2010) besok.

"Upaya-upaya pelemahan KPK dan tindak pidana korupsi ini adalah salah satu bentuk perjuangan kami dengan mengajukan judicial review. Saya yakin DPR cari-cari pertimbangan untuk memangkas jadi satu tahun," imbuhnya.

Dia menambahkan, kalau saja yang terpilih sebagai Ketua KPK adalah yang sejalan dengan DPR, maka DPR pasti akan memperjuangkan masa jabatan Ketua KPK terpilih 4 tahun. "Saya yakin itu," ujarnya.

Optimis nggak uji materi ini akan diterima dengan kondisi MK yang sekarang? "Ya harus optimis," jawabnya singkat.

Sementara Wakil Ketua YLBHI Alvon Kurnia Palma mengatakan, uji materi ini merupakan titik lontar bagi MK untuk lebih profesional. "Ini adalah titik lontar bagi MK sebagai begawan-begawan profesional untuk menegakkan keadilan," tutupnya.

Pada Senin besok, selain ICW dan YLBHI, Pukat Antikorupsi UGM dan beberapa tokoh juga akan ke MK untuk mengajukan uji materi UU KPK ini.




-DETIK-