Kamis, 27 Januari 2011

Ulah Forum Malaysia Itu Bukan yang Pertama

Postingan yang berjudul 'Sumatra itu milik Malaysia' di salah satu forum Malaysia tersebut, ternyata bukanlah kasus yang pertama. Setidaknya beberapa di forum tersebut sempat memuat postingan yang membuat 'panas' antara kedua negara.

Dari penelusuran okezone, Kamis (27/1/2011), beberapa postingan di forum Malaysia tersebut banyak yang memuat tentang klaim kebudayaan Indonesia atau bahkan tak jarang yang menghina Indonesia secara kasar.

Dua tahun yang lalu, tepatnya Agustus tahun 2009, Forum Malaysia tersebut pernah memuat postingan mengenai plesetan lagu Indonesia Raya. Kontroversi tersebut juga memicu banyak kecaman dari anggota forum yang berasal dari Indonesia.

Yang terbaru tentu saja postingan yang berjudul 'Sumatra itu milik Malaysia' diposting oleh akun bernama Mohd Am, yang tertulis berasal dari wilayah Kuching, Malaysia, pada tanggal 12 Desember 2010. Hingga saat ini jumlah komentar yang masuk telah mencapai 11,222 lebih.

Postingan yang ditulis oleh akun Mohd Am tersebut, membeberkan sejarah mengenai kerajaan Johor, yang sekarang menjadi nama salah satu kota di Malaysia, sebagai kerajaan besar yang kekuasaanya mulai dari Sungai Muar, Singapura, hingga Ke Kepulauan Riau, dan sebagian pantai Timur Sumatera.

"Berdasarkan fakta historik ini adalah jelas bahwa Riau-Lingga dan sebahagian besar Sumatera itu adalah Jajahan Johor.. iaitu Malaysia sekarang..," klaimnya.

Menilik dari sejarah itu pula, daerah sebagian Sumatera dan Kepulauan Riau seharusnya menjadi milik Malaysia. Namun pada saat perjanjian antara Inggris dan Belanda, dua negara yang pernah menjajah Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar