Kamis, 27 Januari 2011

Kemana Indonesia yang "gagah"?


Tak henti-hentinya Malaysia melakukan klaim-klaim atas kekayaan kebudayaan Indonesia dan juga pulau-pulau di Indonesia. Belum lagi persoalan kekerasan terhadap tenaga kerja Indonesia di Malaysia tak kunjung usai.

Baru-baru ini seorang warga Malaysia di forum internasional yang khusus membahas Malaysia kembali mengklaim bahwa Sumatera adalah bagian dari Malaysia. Indonesia seolah terus dipermainkan oleh negera bekas jajahan Inggris itu.

Sejarawan Anhar Gonggong mengatakan bahwa Indonesia semakin lemah sebagai negara, berbeda dengan masa lalu. "Dalam sebuah diskusi, Sayidiman Suryohadiprojo (tokoh pemikir Militer-red) pernah mengatakan, kita diundang saat pembentukan ASEAN karena alasan bahwa Indonesia dianggap sebagai negara yang kuat, tapi sekarang tidak," kata Anhar Gonggong kepada okezone, Kamis (27/1/2011).

Anhar mengatakan, diplomasi Indonesia di kancah internasional tak terlalu kuat. "Jangankan Malaysia, Singapura yang wilayah negaranya kecil pun sudah melecehkan negara ini. Lihat bagaimana menteri luar negeri kita," kata Anhar.

Bila Indonesia, tak mampu keluar dari persoalan bangsa, maka pelecehan seperti klaim-klaim budaya akan terus terjadi di masa mendatang. (Ugo)(lsi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar