Jumat, 28 Januari 2011

Malaysia Lebih Pede di Dunia Internasional


 Malaysia kerap melakukan klaim-klaim atas apa yang dimiliki Indonesia. Mulai dari budaya  hingga mengklaim batas wilayah perbatasan. Hal tersebut membuat hubungan Indonesia dengan Malaysia menjadi 'Panas Dingin'.

Baru-baru ini warga Malaysia kembali mengklaim Riau dan sebagian Sumatera adalah bagian dari negaranya. Mengapa Malaysia ngotot untuk mencaplok wilayah Indonesia?

Pengamat Intelijen Wawan Purwanto mengatakan, setelah Malaysia mendapatkan pulau Sipadan dan Ligitan, negara tersebut menjadi lebih percaya diri  di Mahkamah Internasional.

"Sebetulnya gesekan dengan Malaysia bukanlah yang pertama kalinya, kalau untuk urursan wilayah sebaiknya diplomat kita tegas karena Malaysia kini lebih Pede ketika dihadapkan ke Mahkamah Internasional," kata Wawan saat dihubungi okezone, Jumat (27/1/2011).

wawan menjelaskan, sengketa dengan Malaysia akan terus terjadi bila pemerintah, khususnya Departemen Luar Negeri Indonesia tidak memiliki ketegasan. "Contoh Sipadan dan Ligitan, ketika dibawa ke Mahkamah Internasional suaranya 16 banding 1 dan Indonesia kalah, mereka mengaku sudah mengeksplorasi terlebih dahulu, dan kini tak hanya Sumatera perbatasan di laut Ambalat pun mulai bergeser," kata Wawan.

Selain diplomasi yang tegas, Angkatan Laut Indonesia juga harus gencar melakukan patroli-patroli perbatasan agar klaim-klaim Malaysia atas wilayah Indonesia.

Ketika ditanya mengenai adakah keterlibatan Intelijen Malaysia dalam setiap klaim yang dilakukan negeri Jiran tersebut, Wawan sulit untuk memastikannya. "Sulit karena intelijen memang tak terbuka, kita hanya bisa melihat perwujudan-perwujudannya," tandas Wawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar