Rabu, 09 Februari 2011

Virus Internet kian Ganas ke Ponsel

ANCAMAN keamanan telepon seluler (ponsel) meningkat tajam tahun lalu akibat meloncatnya penggunaan internet lewat perangkat mobileseperti smartphone dan tablet. Ini memberikan peluang kriminal baru di dunia maya.

Dalam laporan ancaman kuartal keempat 2010, dirilis pada hari Selasa, McAfee mengatakan jumlah malware atau program perusak perangkat lunak pada ponsel ditemukan meningkat 46 persen daripada 2009.

"Dengan bertambahnya pengakses internet dari berbagai perangkat--komputer, tablet,smartphone atau TV internet--, maka ancaman berbasis web akan terus tumbuh dalam ukuran dan kecanggihan," ujar perusahaan pembuat keamanan perangkat lunak, McAfee.

McAfee, yang tengah dibeli Intel dengan harga US$7,68 miliar, memperkirakan PDF dan Flash Adobe akan tetap menjadi favorit kriminal cyber tahun ini, setelah menyalip Microsoft sebagai target terpopuler pada 2010.

Ini disebabkan kecenderungan popularitas Adobe yang lebih besar dalam perangkat bergerak dan penggunaan non-Microsoft lainnya ditambah meluasnya penggunaan dokumen PDF yang berisi malware.

McAfee mengatakan, Android milik Google, yang telah menyalip Nokia sebagai pembuat software smartphonepopuler sedunia, telah ditargetkan malware yang menyusup dalam aplikasi Android dan gim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar