Senin, 20 Desember 2010

nina wang

Nina Wang (terlahir Kung Yu Sum (bahasa Tionghoa: 龔如心, pinyin: Gŏng Rúxīn) (29 September 1937[1] – 3 April 2007) adalah perempuan Asiaterkaya, dengan harta kekayaan bersih diperkirakan berjumlah AS$4,2 milyar pada saat kematiannya[2]. Wang adalah janda seorang jutawan kimia Hong Kong Teddy Wang (Wang Teh Huei, 王德輝), yang hilang pada 1990 setelah diculik.

Kung Yu Sum dilahirkan di Shanghai. Di sana ia menjadi teman bermain masa kecil Teddy Wang, anak lelaki Wang Din-shin, yang memiliki bisnis cat dan bahan kimia. Keluarga Wang pindah ke Hong Kong, dan bisnisnya kemudian dinamai Chinachem Group, dan akhirnya menjadi salah satu perusahaan terbesar dan paling kuat di Hong Kong yang berbasiskan divisi farmasi yang menguntungkan. Pada 1948, ketika ia berusia 11 tahun dan Teddy 15 tahun, mereka memperbarui persahabatan mereka, dan pada 1955 mereka menikah.[3]
Nina dijuluki "Si Manis Kecil" ("Siu Tim Tim" atau "小甜甜" dalam bahasa Kantonis). Ia terkenal karena dua ekor kudanya dan kegemarannya mengenakan pakaian tradisional Tionghoa.
Nina Wang adalah perempuan terkaya Asia, dan orang ke-35 terkaya di seluruh Asia, dengan jumlah kekayaan AS$4,2 milyar, menurut majalah Forbes. Itu berarti kekayaannya melampaui kekayaan Ratu Britania.
Pada 4 April 2007Chinachem mengumumkan bahwa Wang meninggal dunia di Rumah Sakit dan Sanatorium Hong Kong pada hari sebelumnya. Meskipun sebab kematiannya tidak diungkapkan, ada berbagai laporan yang menunjukkan bahwa ia mungkin menderita kanker kandungan.[4]
Pada 13 April 2007, Chinachem mengukuhkan di berbagai surat kabar setempat di Hong Kong bahwa Wang mula-mula didiagnosis menderita penyakit yang tidak diungkapkan pada Februari 2004. Ia segera terbang ke Amerika Serikat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut pada sebuah rumah sakit yang berafiliasi dengan Universitas Harvard. Pada masa perawatannya yang berlangsung selama 3 tahun 2 bulan, berbagai pengobatan paling hebat telah dicoba, namun demikian akhirnya Wang takluk.

[sunting]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar